Who is Hatsune Miku ?





Di postingan kali ini aku bakal bahas tentang Hatsune Miku.

Sebenarnya siapa sih Hatsune Miku itu? 

Hatsune Miku adalah produk perangkat lunak yang menghasilkan suara nyanyian wanita. Produk ini dirilis pada tanggal 31 Agustus 2007 oleh Perusahaan Crypton Future Media

Nama Hatsune Miku sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti pertama ( hatsu?), suara ( ne?), dan masa depan. Bunyi Miku (ミク?) sendiri merupakan nanori atau cara baca kanji khusus nama dari mirai (未来?).[1] Bila kata-kata tersebut digabungkan secara harfiah, artinya menjadi "Suara Pertama Dari Masa Depan". Hal ini juga menunjukkan bahwa adalah Hatsune Miku merupakan penyanyi pertama dari serangkaian penyanyi rekaan "Character Vocal Series" yang diproduksi oleh Crypton Future Media. Suara yang dimiliki Miku diambil dari suara Saki Fujita (藤田 Fujita Saki?), seorang pengisi suara dari Jepang. Hatsune Miku juga tampil sebagai proyeksi hologram pada beberapa panggung konser, layaknya penyanyi sungguhan.

Referensi :




Aku baru mengenal Miku pada tahun 2015. Ketika itu aku sedang mendengarkan lagu dari peng-cover lagu di channel youtube kalau tidak salah namanya Veronica Chia. Dia meng cover lagu Miku yang berjudul Calc dengan versi piano. 

Karena terdengar unik dengan alunan musiknya. Sehingga aku pun mulai searching tentang penyanyi originalnya yaitu Hatsune Miku.

Setelah mendengarkan lagu originalnya, ternyata alunannya seperti soft rock. Terdengar seperti lagu Rock namun melodynya begitu lembut. Setelah mencari tahu liriknya. Ternyata lirik lagu ini adalah lirik lagu sedih namun karena pembawaan musiknya yang sedikit Rock dengan menggunakan bahasa jepang, sehingga tidak terdengar seperti lagu sedih.
Dari sejak saat itu aku mulai mencari tahu tentang lagu lagu Hatsune Miku yang lainnya. Ditambah rekan kerjaku juga sangat menyukai tokoh Miku, wkwk makin seneng deh jadinya. Ada teman yang bisa diajak berbagi berita dan berbagi update tentang Miku.
Walaupun Miku adalah anime hologram atau hanya sebuah software, jangan salah loh kepopularitasannya bisa menyaingi penyanyi sekelas Lady Gaga. 

Terbukti dengan kemunculannya pada 31 Agustus 2007 sudah banyak lagu yang menggunakan suara Miku dan video yang menampilkan Miku. Album yang menggunakan software Vocaloid2 Hatsune Miku pun sudah banyak dirilis dan tak sedikit pula yang mampu mencatat angka penjualan yang baik dan bahkan mampu menduduki peringkat pertama Oricon Album Weekly Chart. 

Kebershasilan Hatsune Miku dan Vocaloid lainnya tidak begitu mengejutkan karena tingkat kepopuleran Vocaloid terutama Hatsune Miku di dunia maya sangat tinggi. Lebih dari 100,000 lagu dibuat menggunakan software Vocaloid2 Hatsune Miku selain itu juga tercatat sampai Agustus 2011 sebanyak 366,000 video di Youtube dan 92,000 video di Nico Nico Douga yang berhubungan dengan Miku dan vocaloid lainnya telah diposting oleh fans dan produser vocaloid. (sumber: ANN)  

Kalian bisa baca untuk 11 Album Miku yang terlaris disini.

Untuk situs Nico Nico Douga sendiri teratat 28,587 video yang berhubungan dengan vocaloid telah diposting antara 1 Juli hingga 15 Desember 2011. Dari 28,587 video sebanyak 9,904 video berhubungan dengan Hatsune Miku dengan jumlah view sebanyak 23,847,081.

Keren kan Miku…

Komentar

Postingan Populer